Mau Jual Kelas Online Sendiri? Segini Modal Minimalnya…

Oke, jadi ini kira-kira yang anda butuhkan saat ingin membuat website untuk menjual kelas online sendiri dan sekalian membuka program afiliasi untuk kelas online anda. Saya sertakan juga perkiraan harga dari item-item yang dibutuhkan sehingga anda bisa memperkirakan kebutuhan dananya untuk modal awal anda.

Oh ya, salah satu alasan kenapa untuk menjual kelas online itu sebaiknya menggunakan website sendiri adalah

  1. Transaksi bisa berjalan 24 jam otomatis, saat anda sedang tidur pun orang bisa beli kelas anda, dan mendapatkan aksesnya juga otomatis setelah mereka bayar.
  2. Potensi jangkauan pembelinya sangat luas, bisa seluruh Indonesia! Jadi sangat mungkin anda berada di desa tapi pembeli kelas online anda dari seluruh kota di Indonesia. Ya karena website itu bisa diakses dari mana pun lewat internet. Beda jika anda membuka kelas offline ya, pembeli harus datang ke tempat anda, daya tampung ruang anda mengajar pun akan terbatas.
  3. Anda bisa langsung menerima uang pembayaran dari member anda, tanpa lewat pihak ke-3.
  4. Anda bisa buka program afiliasi, memungkinkan banyak orang mempromosikan kelas anda!
  5. Dan karena ini adalah webiste anda sendiri, sistem anda sendiri, maka anda dengan bebas memodifikasi dan melakukan optimasi di banyak hal.

Jadi ini rinciannya apa yang dibutuhkan dan berapa biayanya…

  1. Sewa hosting & domain.
    Biayanya bervariasi karena tergantung spesifikasi, tapi untuk memulai tentu saja anda bisa mulai dg spek hosting yang minimal dulu. Dengan biaya sewa Rp50.000/bulan atau sekitar Rp600.000/tahun sepeerti yg di sediakan oleh Gapurahoster di sini, anda sudah bisa gunakan, dan itu pun anda juga sudah mendapatkan domain gratis. Biasanya tidak bisa dibayar bulanan, jadi anggap lah biaya per tahun.
  2. Plugin membership Sejoli.
    Plugin Sejoli ini berfungsi untuk mengelola konten / materi kelas online anda supaya hanya bisa diakses oleh member kelas anda. Bisa juga untuk membuat sistem afiliasi. Jadi memungkinkan member kelas anda ikut mempromosikan kelas anda dan mereka bisa mendapatkan komisi ketika terjadi penjualan. Harga plugin ini adalah Rp600.000. 
  3. Layanan email marketing.
    Website anda membutuhkan ini supaya bisa mengirim notifikasi via email secara otomatis ke pembeli anda. Jaid pembeli anda akan mendapatkan notifikasi saat mereka mendaftar, lengkap dengan nominal invoice yang harus dibayarkan. Dan jual notifikasi lain sampai dengan notifikasi akses ke materi setelah mereka melakukan pembayaran. Saya menggunakan Mailketing. Tidak ada sistem langganan di sini. Sistemnya seperti pulsa token listrik atau pulsa hp. Anda membeli pulsa email, disebutnya dengan credit email. Untuk 1 email yg dikirimkan website anda ke buyer anda akan memakan Rp2. Jadi misalkan anda beli cedit email Rp200.000 maka anda bisa mengirimkan 100.o00 email. Berapa lama credit ini habis? Tergantu pemakaian, bisa habis 1 bulan, bias 6 bulan, tergantung pemakaian.
  4. Layanan WA gateway.
    Ini sama fungsinya dg email di atas, untuk mengirimkan notifikasi ke buyer, tapi via whatsapp. Jika anda merasa notif email saja cukup maka anda tidak perlu pasang WA gateway. Tapi jika anda ada budget ya sekalian saja gunakan WA notif. Layanan WA gateway yg saya pakai dari StarSender. Fungsinya banyak, tidak hanya untuk kirim notif WA ke buyer anda, tapi bisa balas otomatis juga, bisa broadcast juga, dan masih banyak lagi. Biaya langganannya Rp800.000/tahun.
  5. Layanan pengecekan mutasi rekening otomatis.
    Ini diperlukan supaya anda tidak capek mengecek manual transferan yang masuk dari pembeli ke rekening anda. Ini sifatnya optional ya, artinya kalo tanpa layanan ini pun website anda sudah bisa anda gunakan untuk jualan kelas online. Tapi anda harus ekstra bekerja untuk mengecek transferan masuk dan mengaktifkan aksesnya jika benar transferan dr buyer sudah anda terima. Layanan yg saya pakai adalah Moota, bayarnya cukup murah mungkin sekitar Rp50.000/bulan, bisa dibayar bulanan.

Oke, jadi menurut saya hanya 4 item di atas yang kita perlukan untuk mulai bisnis jualan kelas online dan produk digital lainnya.

Jika ditotal maka uang modal yang harus kita keluarkan di awal untuk 4 item di atas adalah sekitar Rp2.200.000 untuk kira-kira selama 1 tahun. Ya anggap saja Rp2,5juta modal awal yang harus anda siapkan.

Terlihat mahal di awal? Tapi jika anda hitung, per bulan hanya sekiatar Rp183.000, mungkin lebih mahal biaya listrik atau pulsa internet anda kan?

Jika anda berniat membuat kelas online lalu menjualnya dengan harga misalnya Rp100.000, maka jika dalam 1 bulan pertama penjualannya mendapatkan 25 member atau omset Rp2.500.000 maka di bulan pertama anda sudah balik modal. Sehingga bulan ke-2 sampai ke-12 omset yang anda hasilkan murni keuntungan.

Artinya jika anda konsisten menghasilkan omset Rp2.500.000/bulan, maka selama 11 bulan anda akan mengumpulkan omset Rp2.500.000 x 11 = Rp27.000.000, keuntungan dalam 1 tahun.

Sampai di sini seharusnya anda bisa melihat betapa kecil modal untuk jualan kelas online. Hehehe….

Gimana? Berminat membuat kelas online dan menjualnya secara online melalui webiste anda?
Atau mau buka kelas offline saja yang membuatuhkan biaya sewa ruko yang belasan atau puluhan juta per tahun? 😃

Tapi apakah rumit membuat websitenya dan merangkai 5 item di atas sehingga menjadi sebuah sistem website membership yang bisa berjalan 24 jam tanpa libur?

Tenang, rumit adalah karena kita belum mencobanya. Kenyataannya, setiap layanan yang saya sebutkan di atas semua memiliki tutorial dan memberikan support. Jadi anda cukup dengan sabar mengikuti panduannya dan jika anda kesulitan jangan ragu menghubungi tim support. Dengan begitu anda akan selangkah lebih sukses dari mereka yang malas melihat tutorial, mereka yang malas mempraktekkan, dan mereka yang malas bertanya.

Semoga sukses dengan kelas online anda!

Di bisnis kelas online ini, sangat lazim orang menghasilkan 100 juta hanya bermodal awal 2 jutaan seperti yang saya sebut di atas. Yuk gassss 🔥🔥🔥

You might also like